SelebNews.id, Tanah Bumbu – Bursa kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel periode 2024-2029 kian memanas. Saat ini berhembus nama-nama bakal calon Gubernur Kalimantan Selatan yang akan bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini.

Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar menjadi salah satu kandidatnya, dalam beberapa lembaga survei menempatkan dia sebagai pemilik survei tertinggi dibanding beberapa nama calon lain.

Zairullah, ketika ditemui mengungkapkan dia akan maju sebagai calon Gubernur Kalimantan Selatan, sesuai dengan isu yang saat ini sedang beredar.

Ia mengungkapkan ini adalah bagian dari komitmen dan cita-citanya, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, dimana hingga umurnya habis tetap bisa bermanfaat bagi orang lain.

“Itu sesuai dengan hadis nabi, orang yang paling dimuliakan adalah orang yang paling banyak manfaatnya,” tuturnya.

Ia menyebutkan salah satunya cara bermanfaat tersebut, melanjutkan perjuangan saat ini, yakni melanjutkan perjuangan sebagai kepala daerah memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu yang menguatkan dirinya untuk maju ialah pengalamannya selama ini, dimana Zairullah pernah berada di birokrasi pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kemudian dipercaya sebagai Pj Bupati Tanah Bambu pertama, anggota DPR RI dua periode, kemudian bupati sebanyak 2 kali, sehingga memiliki pengalaman dan banyak memiliki jaringan.

Sehingga akhir-akhir ini dirinya merasa masih banyak harus dirinya lakukan. Memberikan kontribusi bagi pembangunan Banua.

Untuk itu ia berkomunikasi dengan beberapa tokoh, para orang-orang tua dan beberapa komponen yang ada di Kalimantan Selatan, semua pada umumnya meminta dirinya untuk maju pada pemilihan gubernur yang akan datang.

“Maka saya tentu dengan catatan yang sangat khusus, setelah mendapat restu khusus, alhamdulillah saat ini berani mengatakan akan menjadi calon Gubernur Kalimantan Selatan, tapi semuanya tetap kembali kepada yang diatas (Allah) menentukan,” kata Zairullah Azhar ditemui wartawan, Senin (1/4/2024) Zairullah di ruang kerjanya.

Ketika ditanya terkait kendaraan perangnya nanti Zairullah mengungkapkan, untuk hal ini menurutnya memiliki dua pilihan bisa independen ataupun partai politik.

Namun partai-partai sudah pasti mencari figur-figur yang memang memiliki kapasitas, ukuran dan indikator menjadi acuan mereka, salah satunya merupakan dari lembaga-lembaga survei terpercaya, dan kompeten.

Dimana katanya, saat ini dirinya berada di tingkat tertinggi dari beberapa lembaga survei, sebut saja seperti Survei UI, berada 48 persen, Lembaga Survei Politik dan Pemerintahan (LSPP) 41,6 persen, serta beberapa survei lain.

“Atas dasar ini, kepercayaan publik yang tidak boleh diabaikan, terkait kendaraan mana nanti insyaallah akan datang,” ungkapnya Zairullah.

Zairullah menyebutkan, saat ini telah ada beberapa partai yang telah datang menemui dirinya untuk bergabung bersama dalam pilkada 2024 ini. Bahkan ada partai yang mengajak sudah dengan pasangan calon wakil gubernurnya.

Karena kita berharap kehadirannya saat ini ditengah masyarakat menjadi keperluan bagi masyarakat, karena menurutnya jabatan gubernur ini bukan melihat dari jabatannya namun kesempatan untuk mengabdi dan beribadah kepada masyarakat yang lebih luas seperti apa yang dilakukan saat ini.

Untuk program jelasnya, akan ada banyak hal yang akan disiapkan, seperti bidang ekonomi, pembangunan, SDM dan sebagainya

Ditanya terkait persiapan pertarungan seperti pembentukan, tim pemenang, ia menyebutkan sudah membentuk tim-tim tersebut yang telah bergerak, melakukan kajian-kajian di masyarakat.

Namun, yang timnya dalami adalah kajian tentang apa yang saat ini sangat diperlukan oleh masyarakat, mulai dari yang tua, muda, pekerjaan dan lain sebagainya.

“Termasuk tentunya kita membuat konsep sehingga kemudian terjadi akselerasi, kemudian juga peningkatan dari kualitas masing-masing daerah sehingga menjadi kekuatan dan kesatuan yang luar biasa, karena nantinya kita akan menjadi tulang punggung Ibukota baru di Penajam,” pungkas Zairullah.

Diketahui, selain nama Zairullah, sejumlah figur juga santer disebut berpotensi maju sebagai cagub dan cawagub Kalsel. Diantaranya Wagub Kalsel H Muhidin, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Anggota DPR RI H Hasnuriadi Sulaiman, mantan Anggota DPR RI M Rifkirizani Karsayuda dan H Sulaiman Umar.

dr HM Zairullah Azhar sendiri sudah pernah dua kali ikut bertarung dalam kontestasi Pilgub Kalsel. Yakni 2010 berpasangan dengan Habib Aboe Bakar Al-Habsy dan 2015 gandeng mantan Bupati HSS, M Safi’i. Namun Zairullah kalah pada kedua pilkada tersebut. [kim]