Selebnews.id I Jayapura – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mempersiapkan alokasi uang kadeudeuh alias bonus bagi setiap atlet berprestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Keterangan tersebut disampaikan ridwan kamil saat makan siang bersama para atlet asal Jabar di Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Di hadapan para atlet, Rindwam Kamil menyebutkan bahwa nilai bonus yang akan diberikan mencapai ratusan juta rupiah.

Diketahui, gubernur yang akrab disapa kang Emil itu kembali bertandang ke Jayapura. selain untuk mengikuti acara penutupan PON XX Papua 2021 yang digelar hari ini di stadion Lukas Enembe. Kang Emil pun menyatakan bahwa kehadirannya kali ini untuk menyambut kemenangan jabar yang sukses merebut gelar juara umum PON XX Papua.

Menurut kang Emil, bonus tersebut layak diberikan kepada para atlet berprestasi. terlebih, Jabar sukses mempertahankan gelar juara umum PON.

Emil menambahkan kesuksesan Jabar merupakan hasil keras semua pihak. tidak hanya atlet, namun juga seluruh pihak terkait, termasuk koni Jabar.

“hadiah, uang kadeudeuh atau reward sudah kami siapkan. secepatnya akan saya umumkan dan saya akan upacarakan di gedung sate setelah semua kepulangan atlet,” kata kang Emil.

Sementara terkait besaran bonus tersebut, kang emil mengaku masih menghitungnya bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Setiawan Wangsa Atmaja.

Menurutnya, kondisi keuangan saat ini berbeda karena anggaran yang tersedia banyak tersedot untuk penanggulangan Covid-19.

“yang pasti ratus-ratus juta, baik emas perak atau perunggu. nanti ada kategorinya, yang emas sendirian contohnya mungkin catur atau yang medali emas dengan tim. pak sekda, kami sedang mengkalkulasi,” terang kang Emil.

Kang Emil menambahkan, gelar juara umum PON XX Papua membuktikan bahwa kontingen Jabar bukan jago kandang karena mampu mempertahankan gelar juara umum pon di Tanah Papua.

seperti diketahui kontingen tanah pasundan mempertahankan gelar juara umum dengan raihan total 353 medali  yang terdiri atas 133 medali emas, 105 perak dan 112 perunggu di gelaran Pon XX Papua. (Sandy)

https://www.youtube.com/watch?v=9y01NgkzJ-M