SelebNews.id | Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari memastikan bahwa data hasil penghitungan suara Pemilu 2024 belum ada.

“Pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu 2024 akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024,” kata Hasyim, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (27/4/2023).

Hal tersebut disampaikan Hasyim terkait dengan salah satu unggahan di akun media sosial Twitter bernama pengguna @Bams2773559ø.
Dalam unggahan tersebut, pemilik akun membagikan video dengan keterangan, “INI DATA KPU HASIL PEMILU 2024 Luar biasa, negeri ini memang sakti, pemungutan suara belum dilakukan, hasilnya sudah ditentukan?*”

Adapun video yang diunggah tersebut memperlihatkan seseorang tengah mengakses data Pemilu 2024 yang diretas oleh Bjorka. Data tersebut terdiri atas keterangan Tempat Pemungutan Suara (TPS), kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nomor kartu keluarga (KK) pemilih, nomor induk kependudukan (NIK), nama, tempat tinggal, usia, dan jenis kelamin.

Menurut Hasyim, apabila ada pihak yang menggambarkan seolah-olah data hasil Pemilu 2024 telah ada, hal tersebut tidak masuk akal dan mengada-ada.

Lebih lanjut, Hasyim menegaskan bahwa pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu 2024 dilaksanakan dengan cara manual.

Setelah pencoblosan dan pemungutan suara dilakukan oleh para pemilih, kata Hasyim, penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara secara berjenjang dilakukan oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK), KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, dan KPU RI secara manual berbasis formulir hardcopy.

Hasyim menambahkan,  penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada pemilu akan dilaksanakan secara terbuka dan dapat diakses, diawasi, serta dipantau oleh berbagai pihak, di antaranya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), saksi peserta pemilu, pemantau, jurnalis, dan pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari. Foto: kpu.go.id

Penulis: Eko Budiono