SelebNews.id, Balige- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengaku sangat bangga dengan penyelenggaraan kejuaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 Lake Toba yang diselenggarakan pada 22-26 November 2023 di 4 Kabupaten di Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba, Sabtu, 25 November 2023 malam.

“Hari ini kita menorehkan sejarah, syukur alhamdulillah dimana danau toba kembali menjadi house dari kejuaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 dan ini menjadi sebuah event yang melibatkan 118 pembalap Internasional mengangkat danau toba menjadi venue yang bisa menarik 100.000 lebih penonton,” ucap Menparekraf yang akrab dipanggil Sandiaga Uno itu.

Sandiaga Uno menyebut, dalam 2 hari saja, penonton tercatat sudah mencapai 50.000 orang.

“Kami berharap juga hotel-hotel berisi, UMKM produk-produknya bisa terjual dan dampak ekonomi kepada masyarakat, bukan hanya dikawasan Toba dan juga kita harapkan di Dairi dan Karo serta Samosir semua mendapatkan manfaat dari pada even yang juga bisa mendorong bukan hanya dari pariwisata tapi ekonomi kreatifnya,” harapnya.

Selain itu, Sandiaga Uno juga menyebut banyak produk-produk ulos, produk-produk kuliner, ritual budaya Batak yang dihadirkan pada event itu. Menurutnya hal tersebut menunjukkan bahwa danau toba jika dikelola dengan baik menjadi daya tarik yang luar biasa.Menparekraf juga menerangkan bahwa selama penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 telah melibatkan begitu banyak dunia usaha UMKM anak-anak muda dan pencinta lapangan kerja.

“Kami melihat dan mencatat untuk kamar misalnya ada total 9.000 kapasitas kamar yang sampai saat ini mendapatkan tingkat hunian yang tinggi dan kamar yang sudah terbooking itu sudah diatas 50 persan, malah untuk daerah Tobba disini sudah fulling booking dan di Samosir juga sudah fulling booking,” terangnya.

Sementara Menpora Dito Ariotedjo menyatakan bahwa dirinya juga sangat bangga dan bersyukur atas penyelenggaraan kejuaraan dunia itu, sebab dapat mengharumkan nama baik Indonesia di Dunia.

“Alhamdulillah sangat puas dan semoga sampe penghunjung event ini bisa membawakan Indonesia makin harum di Internasional dan khususnya pariwisata Toba meningkat dan prestasi dari olahraga air di Indonesia juga meningkat,” ucap Dito. (Yz)