Selebnews.id, Jakarta – Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) mencanangkan program “Santunan Ramadan” sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap sesama dalam upaya Bidang Keagamaan dan Bidang Pengabdian Masyarakat PP INI.

Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan selama menjalankan momen penuh berkah di bulan suci Ramadan. Dalam menjalankan kegiatan sosialnya, PP INI mengajak para notaris di Indonesia untuk memberikan donasi berupa infak dan sedekah.

Dana yang terkumpul dialokasikan untuk beberapa tujuan utama, seperti memberikan santunan dan meringankan beban hidup anak-anak yatim piatu, mendukung yayasan panti asuhan dalam memberikan perawatan dan pendidikan kepada anak-anak yang kurang beruntung, serta membantu masyarakat kurang mampu agar dapat berbuka puasa bersama dalam suasana penuh berkah.

Salah satu program itu, PP INI mengadakan acara “Santunan Ramadan dan Buka Puasa Bersama” di Gedung Pusdiklat dan Sekretariat PP INI, Jalan Minangkabau Timur, Jakarta Selatan, Senin (1/3/2024) sore, sebagai realisasi dari program yang telah dicanangkan sebelumnya.

Sedikitnya 100 anak yatim piatu dari tiga yayasan yang terdiri dari Yayasan Marhamah Cipanang Jakarta Timur, Yayasan Riyadhul Muhsinin Pondok Gede, Bekasi, dan Yayasan Az Zikro, Kalimalang, Jakarta Timur, menghadiri acara itu.

Turut hadir dalam acara Sri Esti Sumiati Apung selaku Ketua Panitia dan beberapa anggota lainnya, seperti Anjarini, Humas; Taufik Kabid, Organisasi; Herna Gunawan, Kabid Magang; Hustam Husain, Kabid Aset; Ketua Pengwil DKI Jakarta INI Ruli Iskandar, Ketua Pengda INI Karawang Juniety Dame Purba, Ketua Pengda Kab. Sukabumi INI, Buddy Setia Permana, Plt Ketua Pengwil Jabar, Novaliyanto Kurniawan dan beberapa notaris dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Panitia, Sri Esti Sumiati Apung

Dalam sambutannya yang bertajuk “Ramadan Berkah, Menjaga Kebersihan Hati Untuk Merajut Kebersamaan”, Sri Esti Sumiati Apung menegaskan bahwa PP INI, sebagai wadah tunggal perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia, selalu aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

“Diharapkan semangat ukhuwah Islamiyyah dapat menghilangkan perbedaan-perbedaan dan satukan kebersamaan untuk membesarkan organisasi, serta setiap sumbangan yang diberikan oleh rekan menjadi berkah dan mendapatkan rejeki yang berlimpah,” ucap Esti.

Ketum PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah, mengatakan bahwa kegiatan santunan tersebut rutin dilaksanakan PP INI pada setiap tahun saat bulan Ramadan. Pada kesempatan kali ini Tri merasa bersyukur karena dapat menyelenggarakan santunan di gedung Sekretariatan dan Pusdiklat INI yang baru. Adapun terkait legalitas, Tri Firdaus menerangkan bahwa sampai saat ini masih atas nama PT Ikatan Notaris Indonesia, di mana para pemegang sahamnya adalah para notaris senior.

Menjelang waktu berbuka puasa tiba, dalam tausyiahnya, Ustadz Arifin Jayadiningrat menyampaikan bahwa taqwa itu adalah rasa bersama Allah, karena taqwa ada rasa cinta dan takut. Dengan berpuasa, Allah mendidik kita agar merasa selalu bersama Allah dan selalu merasa diawasi Allah.

Saat berbuka puasa, salah seorang Anak Yatim Piatu, Andri (12), mengungkapkan rasa bersyukur karena telah mendapat kesempatan yang berbahagia bersama teman-temannya yang lain yang senasib dengannya.

“Saya senang dan bersyukur karena bisa berbuka puasa di sini sama teman-teman, terimakasih kepada Bapak dan Ibu notaris yang sudah mengajak kami bukber, ngasih bingkisan dan uang,” ungkap Andri. (Ris)