SelebNews.id I Magelang – Ribuan warga Magelang Jawa Tengah tumpah ruah di jalanan menyambut kedatangan puluhan bikhu/biksu dari Thailand pada Rabu (30/5/2023) petang.

Sebelumnya, sebanyak 32 biksu berjalan kaki menempuh ribuan kilometer (KM) yang melalui rute empat negara, yakni Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Tiba di Bandara Soekarno Hatta pada (9/5), dan Kementrian Agama melepas perjalanan para biksu pada (11/5) untuk melanjutkan perjalanannya ke Kota Magelang Jawa Tengah.

Jarak tempuh Jakarta-Magelang kurang lebih 514 kilo meter, rombongan biksu kembali dengan berjalan kaki melanjutkan perjalananya ke Magelang guna mengikuti ritual thudong dan perayaan Waisak pada 4 Juni mendatang.

Tiba di Kota Magelang pada Selasa (30/5) sore tadi, para biksu selain disambut oleh warga setempat, Kapolres dan pejabat pun ikut melakukan penyambutan.

Salah satu biksu bernama Wawan Kantadhammo, mengatakan selama melakukan perjalanan dari Thailang ke Indonesia ia mempunyai cerita berkesan dan menyentuh hati.

Nantinya pada Rabu para biksu Thudong akan mengikuti ritual pindpata di Kota Magelang dan sebelum tanggal 1 Juni di Candi tiap Borobudur untuk mengikuti rangkaian Waisak. (Irawan)