SelebNews.id I Lumajang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur memastikan ketersediaan stok beras dan gula di Kabupaten Lumajang mencukupi hingga lebaran.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, Hairil Diani saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Jumat (31/3/2023).

Hairil juga menyampaikan, bahwa kepastian tersebut diperoleh dari hasil koordinasi dengan beberapa stakeholder termasuk bulog.

Menurutnya, untuk stok beras di Kabupaten Lumajang masyarakat tidak perlu khawatir, bahkan stok beras di gudang logistik dengan kualitas medium dengan harga Rp43 ribu per 5 kilogram masih aman.

“Insyallah, beras kita masih aman sampai beberapa bulan ke depan untuk Kabupaten Lumajang, khusus di Lumajang, bulog bisa mengeluarkan beras yang memang harganya Rp43 ribu per 5 kilogram, stoknya memang masih banyak,” ujar dia.

Sementara untuk stok gula, Kabupaten Lumajang juga didukung oleh Pabrik Gula Djatiroto. Stok gula yang ada di PG Djatiroto untuk menyuplai pasar Lumajang dinilai masih aman, harga yang ditawarkan juga relatif stabil tidak ada lonjakan hingga berita ini ditayangkan.

“Gula ini juga ada PG Djatiroto yang bisa memberikan stok untuk Kabupaten Lumajang, Alhamdulillah stoknya masih cukup, harganya juga bisa ditekan dari harga pasar,” katanya

Namun begitu, Hairil tetap mengimbau masyarakat untuk tidak terlarut dalam prilaku konsumtif saat menyambut hari raya lebaran dengan berbelanja sembako diluar kebutuhan rumah tangga, kecuali memang untuk berdagang.

Penulis/Foto: Fd/An-m/Juli