Selebnews.id, Tanah Bumbu – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Batulicin gelar acara berbuka puasa bersama bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (2/4/2024).

Bukber dipusatkan di Masjid At-Taubah Lapas Batulicin, kegiatan buka puasa bersama diikuti oleh warga binaan dari blok santri. Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan surah yasin, kemudian dilanjutkan pembacaan tahlil dan doa bersama.

Tampak suasana kebersamaan dan persaudaraan menyelimuti bukber para warga binaan. Mereka duduk bersama di area yang telah disiapkan, membentuk baris kecil yang menunjukkan kesatuan.

Tampak mereka saling berbagi makanan, tertawa dan bercerita, menjadikan momen berbuka puasa ini sebagai waktu yang penuh berkah dan kebahagiaan.

Selepas berbuka, bersama-sama mereka menunaikan salat magrib berjamaah dengan imam salat perwakilan dari warga binaan.

Bambang Hari Widodo selaku Kepala Lapas Batulicin mengatakan, bulan ramadhan bukan hanya tentang ibadah pribadi, tetapi juga tentang berbagi kebahagiaan dengan sesame termasuk di dalam lingkungan Lapas Batulicin.

“Bagi kami, Ramadhan bukan hanya ritual ibadah pribadi tetapi ini juga tentang merasakan kebersamaan dan berbagi kebahagiaan dengan sesama, bahkan di dalam lingkungan Lapas kita dapat membangun solidaritas yang kuat di antara kita semua,” ucap Bambang.

Meskipun didalam tempat yang penuh keterbatasan mari, bukber ini diharapkan mampu menciptakan kebersamaan itu agar menjadi sebuah momen makna dan pembelajaran agar menjadi insan yang lebih baik kedepannya. [al-hakim]